TH Diary 2021 – Isi

Buku Agenda TH Diary 2021

Manfaat Menulis Buku Harian dari Sisi Kesehatan

Para ahli percaya bahwa manfaat membuat buku harian lebih jauh daripada membantu Anda melacak pasang surut Anda dan ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari menulis secara ekspresif.

Menulis pena di atas kertas untuk menanamkan rasa optimisme, antisipasi, dan kegembiraan tentang tujuan atau aspirasi Anda tidak ada duanya.

Tindakan menuliskan sesuatu selalu membuatnya lebih nyata, lebih konkret daripada hanya memikirkannya – itulah sebabnya kami selalu memuji kebaikan jurnal pelatihan dan buku harian makanan!

Manfaat menulis buku harian

Profesor James Pennebaker, dari University of Texas di Austin, telah melakukan banyak percobaan tentang manfaat kesehatan dari menulis secara ekspresif (tidak, kami tidak berbicara tentang catatan kronologis peristiwa) dan telah menunjukkan bahwa menulis secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan. , membantu Anda pulih dari peristiwa traumatis dengan lebih sukses dan mengurangi stres dan depresi.

Dalam penelitiannya, orang yang selamat dari peristiwa traumatis yang menulis tentang pengalaman mereka selama 20 menit per hari, tiga hingga empat kali seminggu, mengunjungi dokter setengahnya dari mereka yang tidak menulis.

Para penulis jurnal mendemonstrasikan respon antibodi yang lebih kuat terhadap bakteri dan virus dan menghasilkan lebih sedikit kortisol, hormon stres.

Menulis secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan, membantu Anda pulih dari peristiwa traumatis dengan lebih sukses, dan meredakan stres dan depresi.

Dalam studi lain, yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, penderita rheumatoid arthritis dan asma yang menulis tentang peristiwa kehidupan yang mereka temukan sangat stres mengalami penurunan gejala penyakit yang signifikan. Dan ini tidak semua hanya tentang ‘merasa lebih baik’.

Siswa yang diminta untuk menulis tentang topik emosional di jurnal mereka menunjukkan peningkatan nilai dalam satu proyek penelitian, sementara tingkat ketidakhadiran di sekelompok anggota staf universitas turun setelah mereka menulis tentang emosi dan pengalaman mereka.

Para ahli percaya ini mungkin karena duduk dan menulis tentang pikiran dan emosi yang menjejalkan kepala Anda memaksa Anda untuk merenungkannya dan menatanya dalam beberapa jenis, sehingga Anda mengalami ‘penguasaan’ situasi.

Jangan memikirkan masa lalu

Tetapi tidak semua ahli merekomendasikan untuk memikirkan peristiwa traumatis. Faktanya, penelitian di Glasgow Caledonian University menemukan bahwa orang-orang yang menjadi penjaga jurnal biasa mengalami lebih banyak sakit kepala, masalah pencernaan dan sulit tidur daripada non-penulis – terutama mereka yang secara konsisten mengaduk-aduk masalah mereka daripada memilih satu curahan katarsis tunggal.

Namun, tidak ada cara untuk mengatakan apakah para penjaga jurnal memiliki lebih banyak trauma untuk diatasi sejak awal.

Dan menurut penelitian lebih lanjut oleh James Pennebaker, penekanan emosi, terutama yang negatif, mengurangi respons sistem kekebalan, sementara mengekspresikannya meningkatkannya.

Buku harian Anda sendiri

Kunci dari penulisan jurnal yang sukses adalah menggunakannya untuk kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda ingin menulis tentang luka, kekecewaan, atau trauma masa lalu, lakukanlah.

Jika Anda lebih suka menulis tentang di sini dan saat ini, dilema dan frustrasi sehari-hari – atau aspirasi Anda untuk tahun depan – lakukan itu. Keindahan dari buku harian adalah bahwa itu untuk Anda dan Anda sendiri.

Yang membawa kita ke pertanyaan, haruskah Anda membaca buku harian Anda sendiri? Beberapa pakar percaya bahwa membaca secara menyeluruh apa yang Anda tulis berguna, membantu Anda menemukan pola pemikiran atau perilaku yang berulang, dan membantu Anda memahami situasi dan menempatkannya dalam perspektif.

Tetapi yang lain merasa bahwa hanya menuliskan kata-kata di atas kertaslah yang penting – tidak merefleksikannya setelah itu.

Kiat buku harian dari atas

James Pennebaker telah menulis buku tentang manfaat menulis jurnal: Pembukaan – kekuatan penyembuhan untuk mengekspresikan emosi.

Berikut adalah kiat penjaga buku harian pemula:

  • Temukan waktu dan tempat untuk menulis di mana Anda tidak akan diganggu. Idealnya, pilih waktu di akhir hari kerja atau sebelum tidur.
  • Berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda akan menulis minimal 15 menit sehari setidaknya tiga atau empat hari berturut-turut.
  • Begitu Anda mulai menulis, tulislah terus menerus. Jangan khawatir tentang ejaan atau tata bahasa.
  • Jangan menyensor apa yang Anda tulis. Menulis hanya untuk diri Anda sendiri.

Jika Anda dihadapkan pada ‘sindrom halaman kosong’ dan tidak tahu harus mulai dari mana, cobalah menulis tentang:

  • Sesuatu yang terlalu Anda pikirkan atau khawatirkan
  • Sesuatu yang kamu impikan akhir-akhir ini
  • Sesuatu yang selama ini Anda hindari
  • Hal terbaik yang terjadi hari ini

    Mengapa tidak bergabung dengan komunitas blogger kami dan memulai blog Anda sendiri di situs kami hari ini?

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.